Gambaran Umum Desa Ngunut

Administrator, 28 Agustus 2016 05:05:54 WIB

Desa Ngunut yang terletak di Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur merupakan salah satu lokasi yang digunakan untuk kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Integratif Universitas Sebelas Maret Surakarta periode Januari – Februari 2016. Desa ini memiliki topografi wilayah yang berbukit-bukit. Kondisi iklim desa ini yaitu memiliki curah hujan 2000 mm, ketinggian di atas permukaan laut (dpl) yaitu 525 mdl, dan suhu rata-rata harian 28 °C. Desa Ngunut berbatasan langsung dengan wilayah:

- Sebelah timur     : Desa Kemuning

- Sebelah selatan  : Desa Petungsinarang

- Sebelah barat     : Desa Sempu

- Sebelah utara     : Desa Bandar

Wilayah desa Ngunut terdiri atas 6 Dusun yakni Krajan, Tugu, Tawang, Bubakan, Kracan, dan Gampeng. Jumlah Rukun Warga (RW) sebanyak 18 unit organisasi dan jumlah Rukun Tetangga (RT) sebanyak 56 unit organisasi. Jarak desa ke kecamatan adalah 6 km, dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan bermotor sekitar 15 menit. Sementara itu, jarak desa ke kabupaten adalah 34 km dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan bermotor sekitar 60 menit.

Luas wilayah desa Ngunut sebesar 1.213,1 ha/m2 dengan rincian menurut penggunaannya yaitu luas pemukiman 70,05 ha/m2, luas persawahan 2,25 ha/m2, luas perkebunan 834,25 ha/m2, luas kuburan 0,5 ha/m2, luas pekarangan 70,5 ha/m2, perkantoran 1,5 ha/m2, luas prasarana umum lainnya 5 ha/m2 .

Potensi sumber daya alam di desa Ngunut sangat beragam. Di bidang pertanian, tanaman pangan yang dihasilkan antara lain jagung, kacang kedelai, kacang tanah, padi, ubi kayu, ubi jalar, cabai, talas, dll; tanaman apotik hidup atau disebut empon-empon antara lain jahe, kunyit, lengkuas, temulawak, daun sirih, kencur. Di bidang kehutanan, hasil hutan yang ada yaitu kayu, madu lebah, bambu, jati, nilam, mahoni. Di bidang peternakan, jenis ternak yang dimiliki oleh warga Ngunut yaitu sapi, ayam kampung, kambing, domba, kelinci, kucing serta produksi pertanian adalah madu. Hasil potensi tersebut dipasarkan dengan cara dijual langsung ke konsumen, dijual ke pasar, dijual melalui tengkulak, dan dijual melalui pengecer.

Sumber daya air di desa Ngunut ini diperoleh dari mata air dengan debit yang sedang. Sumber air bersih diperoleh dari mata air dengan jumlah 310 unit dan sumur gali sebanyak 346 unit. Dari sumber air bersih tersebut diperoleh kualitas air minum yang baik. Di desa Ngunut ini tingkat kebisingannya rendah di mana sumber kebisingan berasal dari kendaraan motor.

Potensi sumber daya manusia di desa Ngunut di mana jumlah warga sebanyak 5563 orang dengan rincian jumlah laki-laki 2778 orang dan jumlah perempuan 2785 orang serta semua warganya memiliki kewarganegaraan Indonesia dan beragama Islam. Jumlah penduduk usia produktif yaitu usia 18-56 tahun sebanyak 1089 orang laki-laki dan 1018 orang perempuan. Mata pencaharian pokok warga desa Ngunut antara lain petani sebanyak 2177 orang laki-laki dan 2146 orang perempuan, pegawai negeri sipil sebanyak 20 orang laki-laki dan 17 orang perempuan, pedagang keliling sebanyak 2 orang laki-laki dan 2 orang perempuan, pensiunan PNS/TNI/POLRI sebanyak 14 orang laki-laki dan 4 orang perempuan, serta dukun kampung terlatih sebanyak 2 orang perempuan.

Potensi kelembagaan di desa Ngunut di mana struktur pemerintahannya terdiri atas 25 orang aparat pemerintahan Kelurahan dan jumlah perangkat desa sebanyak 14 unit kerja. Desa Ngunut dipimpin oleh Kepala Desa dan dibantu oleh Sekretaris Desa serta sejumlah perangkat desa yang terdiri Kepala Urusan Pemerintahan, Pembangunan, Pemberdayaan Masyarakat, Kesejahteraan Rakyat, Umum, Keuangan dan Kepala Dusun serta Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Lembaga kemasyarakatan yang ada yaitu PKK dengan jumlah pengurus sebanyak 7 orang dan lingkup kegiatannya adalah kewanitaan, karang taruna dengan jumlah pengurus 3 orang, kelompok tani/nelayan dengan pengurus 3 orang dan lingkup kegiatannya pertanian, lembaga adat dengan pengurus 3 orang dan lingkup kegiatannya pengairan, badan usaha milik desa sebanyak 2 unit organisasi.

Lembaga ekonomi yang ada di desa Ngunut antara lain koperasi unit desa (KUD) sebanyak 1 unit; industri kecil dan menengah yaitu industri makanan 2 buah, industri alat rumah tangga 10 unit, industri alat pertanian 2 unit, industri kerajinan 3 unit; usaha jasa pengangkutan; usaha jasa dan perdagangan; usaha jasa gas, listrik, BBM dan air; usaha jasa keterampilan.

Lembaga pendidikan formal yang ada di desa Ngunut yaitu 1 play group, 4 Taman Kanak-kanak, 4 Sekolah Dasar, 1 Sekolah Menengah Pertama. Pendidikan formal keagamaan yaitu Sekolah Islam Ibtidayah sebanyak 1 instansi. Lembaga keamanan di desa ini antara lain hansip dan linmas dengan jumlah anggota satgas linmas 62 orang, kerjasama desa dengan TNI – POLRI yaitu mitra koramil / TNI dengan jumlah anggota 1 orang dan Babinkamtibmas/POLRI sebanyak 1 orang.

Potensi prasarana dan sarana yang ada di desa Ngunut antara lain prasarana dan sarana transportasi darat yaitu jalan aspal, jalan makadam, jalan tanah dengan sarananya berupa truk umum dan angkutan desa. Prasarana komunikasi dan informasi yaitu TV dan parabola. Prasarana air bersih dan sanitasi, prasarana irigasi saluran primer dan sekunder, prasarana dan sarana pemerintahan, prasarana dan sarana BPD, prasarana dan sarana dusun, prasarana dan sarana lembaga kemasyarakatan, prasarana peribadatan yaitu masjid 21 buah dan Langgar/Surau/Mushola 33 buah, prasarana olahraga yaitu lapangan sepak bola 1 buah, prasarana kesehatan yaitu kantor praktik dokter 1 buah, balai pengobatan 6 buah, dan puskesmas pembantu 1 buah. Prasarana dan sarana pendidikan, prasarana dan sarana kebersihan.

Desa Ngunut telah mengukir berbagai prestasi antara lain juara 3 lomba desa antar desa sekabupaten, meliputi pemerintahan dan pertanian. Lomba pertanian tingkat nasional yaitu lomba rimpang atau empon-empon. Lomba di bidang olahraga yaitu lomba bola voli, di mana juara 3 untuk laki-laki dan juara 2 untuk perempuan.

 

Artikel Terkini

  • Layanan Bidang Pendaftaran Penduduk

    11 Juni 2015 03:28:26 WIB
    PEMBUATAN KTP Kartu Tanda Penduduk adalah identitas resmi penduduk sebagai bukti diri yang terbitkan oleh instansi pelaksana yang berlaku di seluruh Indonesia. KTP merupakan alat bukti sah yang menjadi dasar dalam layanan masyarakat. Syarat-syarat pembuatan KTP A. WNI a. Surat Pengantar dari Des... ..selengkapnya

  • Panduan Back-Up Data (Export Database) SID 3.0

    06 November 2014 10:25:34 WIB Administrator
    1. Pada komputer/PC server, buka web-browser (direkomendasikan Mozilla Firefox atau Chrome) Ketik: localhot/phpmyadmin 2. Muncul halaman PHPMyAdmin. Periksa kolom kiri. Klik/Pilih: “sid” 3. Muncul halaman yang menampilkan deretan isi tabel “sid“. Klik/Pilih: “Expor... ..selengkapnya

  • Petani Rock

    30 April 2014 04:09:50 WIB Administrator
    ... ..selengkapnya

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Ngunut

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung